Jenis Kecepatan Internet Berdasarkan Saluran


Kecepatan akses akan sangat bergantung pada teknologi jaringan di sekitar jarak dan jarak / kondisi linkungan saat koneksi dilakukan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini memungkinkan kita dapat mengoneksikan komputer dengan internet melalui beberapa cara:

1. ADSL 


Asymetric Digital Subcriber Line (ADSL) adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi 34 kHz – 1.104 kHz. Inilah penyebab utama perbedaan kecepatan transfer data antara modem dan ADSL dengan modem konvensional yang bekerja pada frekuensi kurang dari 4 kHz .

Kelebihan ADSL : Harga Lebih Murah
                               Layanan Komunikasinya melalui 2 kanal terpisah (tetapi tetap satu kabel)
Kekurangan ADSL : Jarak sangat berpengaruh terhadap pengiriman data
                               Tidak semua sistem operasi dapat menggunakan ADSL (misal:Macintosh)


2. Dial-Up



Dial-up adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada akses Internet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak.

Kelebihan Dial-Up : Koneksi Internet mudah
                                  Hampir sebagian besar PC / Laptop sudah terpasang modem Dial-Up


Kekurangan Dial-Up : Kecepatanya hanya berkisar 12-20 Kbps
                                    Apabila modem Dial-Up digunakan bersamaan dengan telepon rumah sedangkan modem dial up terkoneksi dengan telepon rumah dalam keadaan sibuk, maka internet akan terputus secara otomatis



3. 3G
 3G (third-generation technology) merupakan sebuah standar yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU) yang diadopsi dari IMT-2000 untuk diaplikasikan pada jaringan telepon selular. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel versi ke-tiga. Melalui 3G, pengguna telepon selular dapat memiliki akses cepat ke internet dengan bandwidth sampai 384 kilobit setiap detik ketika alat tersebut berada pada kondisi diam atau bergerak secepat pejalan kaki .

Kelebihan 3G     : Teknologi High Speednya yang sangat menguntungkan
                              Banyak jenis jenis file yang dapat dikirimkan

Kekurangan 3G  : Pembuatan Jaringan 3G Mahal
                              Rentan terhadap penyalahgunaan


Comments

Popular Posts