iOS 9 vs Android Marshmallow , Unggul mana ?


Beberapa waktu yang lalu, dua raksasa teknologi yakni Apple dan Google kembali bertarung di sektor perangkat lunak. Jika Apple siap melawan dengan sistem operasi iOS 9, maka Google akan bertahan dengan sistem operasi Android 6 alias Marshmallow.
Sebelumnya, telah dijelaskan pula kelebihan dan kekurangan dari masing-masing sistem operasi (OS) secara terpisah.  
Berikut lima poin tentang keduanya, yang dikutip dari techo :

1.Interface

Dari sisi tampilan antarmuka, iOS 9 dan Android 6 tetap membawa ciri khas masing-masing. Android dengan ciri khasnya yang penuh dengan warna-warni, dan iOS dengan warna yang lebih sederhana namun elegan.
Tanpa disadari, tampilan antarmuka khas masing-masing OS ternyata tak jauh berbeda dengan desain situs Google Drive dan iCloud. Artinya, Anda juga dapat memanfaatkan kedua layanan cloud itu untuk menilai visual iOS 9 dan Android 6 lebih jelas.

2. Perbedaan Sistem Operasi

Sejak awal, OS Android (hingga Android 6) selalu lebih unggul dari sisi kustomisasi ketika disandingkan dengan iOS. Sebagai perbandingan sederhananya, ambil saja salah satu contohnya dari sektor aplikasi bawaan dari masing-masing OS.
Di sektor ini, iOS 9 tak mengalami banyak perubahan seperti halnya iOS seri sebelumnya. Ya, Apple masih tak mengijinkan para pengguna iOS 9 untuk memodifikasi bahkan menghapus aplikasi bawaan. Diklaim Apple, karena dapat menyebabkan error.
Sementara itu, di OS Android 6 adalah tetap sebaliknya. Jika pengguna tidak menyukai beberapa aplikasi bawaan seperti aplikasi kamera, Google masih membolehkan mereka untuk menghapusnya. Hanya saja, untuk beberapa aplikasi, memang tidak bisa.

3. Persamaan sistem operasi

Baik di iOS 9 maupun di Android 6, masing-masing OS sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk berbelanja online yang lebih aman dan nyaman. Salah satu contohnya seperti fitur pemindai sidik jari, konektivitas NFC, serta fitur "low battery mode".

4. Asisten Virtual 

Asisten virtual pribadi di iOS 9 dan Android 6 juga mengalami sejumlah pembaruan signifikan. Mereka kini mampu mencari informasi dari dalam perangkat, maupun dari internet melalui situs-situs.
Namun ketika dibandingkan, Siri di iOS 9 boleh dikatakan lebih terfokus untuk memberikan informasi yang berada di dalam perangkat Anda. Sementara itu, Google Now di Android 6 lebih condong memberikan informasi akurat dari internet.

5. Perkembangan Aplikasi

Dari perkembangan ekosistem aplikasi, baik Apple maupun Google sama-sama agresif. Artinya, kedua raksasa teknologi itu terus memberikan pembaruan dan perbaikan secara berkala untuk membuat aplikasi pada OS masing-masing bekerja semakin baik.
Selain itu, jumlah kompatibilitas untuk aplikasi kategori baru (dari pengembang pihak ketiga) di iOS 9 dan Android 6 sudah boleh dibilang sama-sama imbang. Begitu pula dengan aplikasi eksklusif masing-masing, seperti iOS 9 dengan Apple Music.
Jadi, mana yang lebih unggul menurut Anda? Apakah iOS 9 atau Android Marshmallow

Comments

Post a Comment

Popular Posts